LAPOR DIRI MAHASISWA PPG GURU TERTENTU GELOMBANG 1 UNWIDHA TAHUN 2025

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) bagi Guru Tertentu (sebelumnya dikenal sebagai PPG Dalam Jabatan) merupakan bagian dari kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka menyelesaikan proses sertifikasi guru, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Dalam Pasal 8 undang-undang tersebut ditegaskan bahwa seorang guru harus memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, serta sehat secara jasmani dan rohani, dan mampu mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Terkait hal ini, calon peserta PPG Guru Tertentu UNWIDHA Tahap I Tahun 2025 diwajibkan untuk melakukan konfirmasi kesediaan serta Pembaruan Profil di SIM-PKB (Panduan Konfirmasi SIMPKB). Kedua hal ini menjadi syarat untuk dapat mengikuti program PPG Guru Tertentu dan akan menjadi dasar penetapan oleh GTK Kemendikbudristek. Tanpa melakukan konfirmasi kesediaan, peserta tidak dapat mengikuti kegiatan ini. Setelah menyatakan kesediaan, peserta dipersilakan untuk bergabung ke Grup Whatsapp masing-masing Bidang Studi.

Lapor Diri dimulai sejak 22 Mei – 1 Juni 2025 dengan mempersiapkan dokumen-dokumen yang harus dipersiapkan dapat dilihat di (https://bit.ly/SyaratLaporDiriUWD), Dimulai sejak tanggal 22 Mei 2025 Pukul 00.00 sampai dengan 1 Juni 2025, pukul 23.59.

Berkas persyaratan yang harus dipersiapkan untuk LAPOR DIRI PPG Bagi Guru Tertentu (Dalam Jabatan) Tahap 1 Tahun 2025  sebagai berikut:

  1. Pakta Integritas >> https://bit.ly/PaktaIntegritasUWD 
  2. (Scan asli Pakta Intergritas yang telah ditandatangi peserta di atas materai Rp 10.000. Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen (Pakta_Nama_NoSIMPKB_BidangStudiPPG) tanggal di Fakta Integritas disesuaikan dengan tanggal ketika lapor diri
  3. Biodata Mahasiswa (Sesuai format PDDIKTI) >> bit.ly/FormatBiodataUWD . 
  4. Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen (Biodata_Nama_NOSIMPKB_BidangStudiPPG)
  5. Scan asli Ijazah S1/ D IV atau yang sudah Dilegalisir, Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen (Ijazah_Nama_NO SIMPKB_Bidang Studi)
  6. Scan asli Transkrip Nilai, Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen, (Transkrip_Nama_NOSIMPKB _BidangStudi)
  7. Scan asli Kartu Identitas sepert KTP atau SIM, Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen, (Identitas_Nama_NOSIMPKB _BidangStudi)
  8. Scan asli Kartu Keluarga , Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen, (KK_Nama_NOSIMPKB _BidangStudi)
  9. Scan Asli Surat Keterangan Sehat (dari Puskesmas/RSUD setempat) Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen (Surat Sehat_Nama_NOSIMPKB_BidangStudiPPG)
  10. Scan Asli SKCK (Minimal dikeluarkan oleh Polsek), Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen (SKCK_Nama_NOSIMPKB_BidangStudiPPG)
  11. Scan Asli Surat Bebas NAPZA (hanya dari BNN/Kepolisian/Puskesmas/RSUD setempat) minimal 3 Parameter. Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan (Surat Bebas Napza_Nama_NOSIMPKB_BidangStudiPPG)
  12. Scan Asli NPWP (bagi yang memiliki), Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen (NPWP_NOSIMPKB_BidangStudiPPG)

Lapor Diri Bidang Studi Bahasa Indonesia

Lapor Diri Bidang Studi Bahasa Inggris

Lapor Diri Bidang Studi Bahasa Jawa

Lapor Diri Bidang Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Lapor Diri Bidang Studi Geografi

Lapor Diri Bidang Studi Matematika

Lapor Diri Bidang Studi PPKN

Scroll to Top